adit
i'm come back.. :)

Baru Kusadari.. (Safety Riding Awareness)

Sekelumit cerita ditengah perjalanan menuju bekasi.

Siang itu tepat pukul satu dibawah terik mentari membulatkan niat datang ke tempat temenku lagi punya acara.

Perjalanan kali ini menuju daerah bekasi utara. Berdua bareng sohib, posisi aku sebagai boncenger aja, karena notabene sohibku lebih paham daerah bekasi. Dari kelapa gading kami berangkat, kompaspun dipasang. maksudnya kompas hp, jadi sambil jalan sambil nanya2 arahnya sama temen yg punya acara. maklum baru kali pertama kerumahnya.hehe..🙂.

20 menit berlalu smasuklah kami di kawasan Bungur. Dahsyat, apa yang kita temui?, kemacetan parah meen…..😦. Jalan yang hanya selebar 2 mobil tumplek blek dipenuhi motor2. Ya, kalo jalur yang dipake bener gak masalah, tapi ini bener2 kacau, masing2 pengendara gak ada yang mau ngalah, semua berebut, pada akhirnya semrawut. Bener2 jalanan tu bukan lagi padat merayap tapi bener2 STOP! berhenti total. Yang lebih parah kulihat ada seorang pengendara super gila. Sambil geram dengan menggeber sepeda motornya main marah2 aja, klakson gak ada henti di bunyikan. Tepat di belakang sebuah angkot diapun membentak2 si sopir angkot, “Woi2, maju woy… brengsek loe!”, sambil si pengendara gila memencet2 klaksonnya terus-menerus. Keadaanpun makin panas, seketika itu juga si sopir angkotpun berhenti, tak bisa menahan emosi, dan bukan lagi di acungkan jari tengahnya seperti yang dilakukan si Surti ke Tejo di lagunya Jamrud, tapi yang diacungkan adalah Obeng bro.. buset dah. Jakarta memang kejam.

Baru kusadari, sebenernya bukan Jakartanya yang kejam, itu hanya sebuah kiasan. Tapi dari contoh yang aku ceritakan itu adalah sebuah kejadian dimana masyarakat belum memahami pentingya taat pada peraturan lalu lintas. Kalo istilah bekennya sekarang adalah Safety Riding Awareness, maksudnya kesadaran akan keselamatan dalam berkendara.

Aku yang bekerja di industri manufaktur sepeda motor jadi miris melihat kondisi sekarang. Produksi motor makin besar dan makin banyak varian. Untuk type matic Honda aja kita produksi 5.000unit tiap harinya. Kebayang kan gmn gak tambah penuh jalanan. Betul..betul..betul.. (nyontek ipin-upin :D). Aku cuma berharap agar masyarakat negeri ini termasuk aku juga makin memahami dan mematuhi aturan lalu lintas dan makin sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Aku pribadi gak setuju kalo motor dibilang “mesin pembunuh no.1” karena saking banyaknya angka kecelakaan di Indonesia. Karena menurutku faktor utama terjadinya kecelakaan adalah kurangnya kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Ya, salah satunya apa yang udah aku ceritakan diatas, mematuhi tata-tertib lalu lintas adalah salah satu contoh Safety Riding Awareness.

“Mulai saat ini mari kita sama2 lebih menyadari  pentingnya keselamatan dalam berkendara teman, keluarga ataupun sodara2 sedang menunggu kita di rumah”. 🙂

“Gb. Tumplek blek motor di Jakarta”

21 Responses to “Baru Kusadari.. (Safety Riding Awareness)”

  1. yang seperti ini kadang memang kita sepelekan yang akan berakibat fatal.

  2. sekarang lebih ngeri keserempet motor daripada mobil, mobil juga lebih ngeri ama motor deh keknya di jalanan

  3. safety first gan ….

  4. wew.. indah sekali bro gambar nya xixixi… bay de wey bas wey eni wey.. itu motor pade ngantri lagi ngapain yaw, lagi pembagian blt kalee yee hehehe…

  5. Wah jalan di jakarta ruwet ya gan… enakan di sby hahaha…

  6. mari kita nikmati kemacetan ini bersama2… hehe..

  7. 😀 He he he

    Sudah tidak terkejut lagi, tidak seperti pada waktu nyampai Bali…kaget aku kira orang Bali bernyawa 8 semua….kok bawa kendaraannya ngawur2…karena Malang meski kota kecil masyarakatnya lumayan faham tata tertib lalu lintas.

  8. bagus nih jadi pada tahu pentingnya keselamatan berkendaraan, lagian yang pake jalan kan bukan hanya kita sendiri tapi ada orang lain yang juga butuh kenyamanan di jalan. btw, busyeett dah tuh motor bisa mpe kayak gitu yak? -semakin tidak ingin hijrah ke jakarta-:mrgreen:

  9. bagus nih jadi pada tahu pentingnya keselamatan berkendaraan, lagian yang pake jalan kan bukan hanya kita sendiri tapi ada orang lain yang juga butuh kenyamanan di jalan. btw, busyeett dah tuh motor bisa mpe kayak gitu yak? -semakin tidak ingin hijrah ke jakarta-:mrgreen:

  10. Sip coy…critanya.

  11. sabar dan hati-hati yang penting sampe tempatnya.semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

  12. ketika kita mengacuhkan keselamatan di jalan, bukan hanya mengancam jiwa sendiri, namun juga mencelakakan orang lain.
    tapi………..kapan ya orang2 yg emosi dan gak sabaran ini , mau mengerti ?? 😦
    semua nya sudah serba terburu2, bukannya sampai di rumah dgn selamat, malah mungkin sampai nya di UGD sebuah rumah sakit.
    salam

  13. bener!
    bekasi sama parahnya kayak jakarta!
    orang-orangnya juga si yang pada egois.
    jalanan dah kayak milik dia aja.
    coba klo semuanya pada bener2 aja ga ngawur2 bangsa nge-tem sebarangan atau ngambil jalan orang lain, kan ga segitunya

  14. eh, itu di gambar.. orang semua ya segitu banyaknya Dit?😕

    Jogja juga semrawut, dgn jalan yg ‘langsing2′, jd terkesan sangat penuh.. Yukk, mulai dengan kesadaran dari diri kita sendiri dulu.. n’
    “Dilarang Buang Marah Sembarangan..”😀

  15. waduh… susah… emang sekarang orang-orang pada ga sabaran. pengennya cepet-cepetan sikut-sikutan. padahal kan sesama pengguna jalan dilarang saling mendahului. hehehe😀

  16. betul, biar lambat asal selamat ….

  17. yups selain ‘ Safety Riding Awareness’ yang minim sekali, juga keegoisan masing-masing individu yang merasa ingin dimengerti.
    Padahal menuntut orang lain/ semua orang mengeri kita itu lebih sulit dibandingkan kita yang berusaha mengerti orang lain🙂
    yuk perbaiki semuanya dengen perlahan!!

  18. jangan ngebut kalo berkendara🙂

  19. Wadduwh. . .mesti sabar n bner2 brhati2 t. . Salam,

    eh. . .
    numpang promo nie. .
    buat Sahabat Blogger.
    Mohon kunjungan balik n koment buat blog saya, yg lagi ngikutin lomba blog POMOSDA, di artikel ‘ketua, wakil, sekertaris. . Itu hanya status’, saya mohon dgan sangat, saya ucapkan trimakash yang sudah mw membantu.

  20. kadang kalo liat situasi kaya gitu miris bgt..

    selalu utamakan keselamatan dijalan raya..

  21. Mantap!!!! jangan pernah menyalahkan orang lain tentang keselamatan kita sendiri, awal kecelakaan karena ada suatu pelanggaran dari kita sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: