adit
i'm come back.. :)

SI SUNDA PENGEN BISA BAHASA JAWA

Sekelumit cerita di sela kerjaan yg gak ada habisnya.

Ini cerita tentang seorang teman yang punya hasrat ingin bisa mengucap bahasa jawa. Pria lajang asal bandung yang kesehariannya ya berbahasa Indonesia dan tak jarang bicara bahasa kampungnya “sunda” dikarenakan banyak juga teman kantor yang asalnya dari bandung.

Sebagai orang Jawa aku dibuat ngekek (ketawa) gara2 mendengar teman satu ini mekso buanget le ngomong boso Jowo (maksain banget bicara bahasa Jawa)πŸ˜€

Waktu serius2nya bekerja tiba2 kedatangan tamu jauh yang udah lama gak mampir ke ruangan kita. Sebut saja telek (bukan nama sebenarnya), membuka pintu mengucap “assalamu’alaikum..”, “wallaikumsalam..” serentak kebiasaan kita menjawab salam dari orang yang masuk ruangan.

(Si telek ini teman aku ya juga temannya temanku si sunda)

Belum sempet si telek menyapa udah aja temanku sunda main samber menyapanya duluan.

“Halo lek, piro kabare….?”

Wakakakakakakakakak…..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ semua yang Jawapun ngakak kelojotan denger si Sunda menyapa. Diulangi ya?

“Halo lek, piro kabare….?”

Tahukah kamu kalo sapaan diatas kalo diartikan dalam bahasa Jawa artinya adl: “Halo lek, berapa kabarnya….?”πŸ˜€ benar2 nyeleneh bahasa teman sunda satu ini.

Akhirnya, setelah si sunda aku jelasin kekeliruan bahasanya diapun ngakak kelojotan juga. hahahaha…

Sampai yang paling terakhir aku bertanya sama si sunda,

“Mas, sampeyan Jowone pundi?”

Si sunda menjawab gagap, “Kulo jowone TASIK…”.

Huufft…. cape deeeech….πŸ˜€

25 Responses to “SI SUNDA PENGEN BISA BAHASA JAWA”

  1. Jawa

  2. hahaha asal ceplos2 wae.

  3. Kalo mo blajar bahasa Jawa versi NGAPAK di http://www.ngapakers.com.
    Siapa bilang urang SUNDA tidak bisa bilang F, itu PITNAH !!! wkwkwkwk

  4. hahaha…………..maksa banget sih, tapi gak apa apa deh, namanya juga masih belajar ya DitπŸ˜€πŸ˜€
    salam

  5. aq malah orang jawa ga bisa bahasa sunda padahal tinggal di tatar sunda…😦

  6. Aku kenal tuh orang itu, yang ganteng bgt itu kan, yang mantan nya dini aminarti?
    Markodit mau kena SP sampean? Atau mau suruh manjang tapi ga dibayar?
    Hehehe, bcanda dit..

  7. Kalo saya, jowo sing pengen iso ngomong sundo…
    Tapi ga mekso kok hehe…
    Biasa aja. Abis, bahasa suna kalo yang ngomongnya wong Jowo jadi aneh logatnya…medok abissss

  8. hahahaha… ngekek saia

  9. buakakakakak, tp lucu loh hahahaπŸ˜†

  10. Yang penting ada niat untuk belajar…asal jangan dibodo-bodoin aja, kan kasian si sundanya

  11. ha….ha…ha coba kalo ketemu tanya lagi : panjenengan tiyang pundi ?
    Pasti jawabnya tiang listrik. ha.ha…..ha!

  12. hahaha piro kabare?
    hahahaha

    kocak juga temen lo itu

  13. Jawa, Jawa barat kali…:P

    Suka sebel kalau tante n nenek telpon n blg, lebaran ini kita g bisa pulang ke Jasa, kamu aja yah yg ke jakarta ” Halo…Jakarta di mana? ”

    Pulau Jawa, kan?
    Ada yang salah kaprah kayanya….:D

  14. maksa karep namanya, saya mending gak pakai bahasa yang gak saya kuasai daripada diketawaian deh

  15. hihihi.. sok mas.. temen nya dikasi private bahasa jowo..:mrgreen:

  16. hehe kok si telek sih namanya… kejam neh yang ngasih nama… saake to Mas..mosok jenenge nggilani koyo ngono^^

  17. wkwkwkkw bisaan aza nich
    sok abdi bade ngobrol bahasa sunda sareng kamu…….monggo
    salam hangat dari blue

  18. QK pun nguakak bacanya hahahhaπŸ˜†
    Indonesiaq…πŸ™‚

    HIDUP!!! ^_^

  19. abdi teh ga mudeng basa jowo, tau artikel munir di postingan kami

  20. kwkwkw
    mungkin karena dia terlalu bersemangat…
    hidup wong jawa!
    hidup wong sunda
    Hidup indonesia…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: