adit
i'm come back.. :)

TIPS AGAR JEJARING SOSIAL TIDAK MEMBUAT PRODUKTIFITAS KERJA ANDA MENURUN

Pengaruh jejaring sosial sungguh luar biasa. Sejumlah rekan saya bahkan masih sempat meng-update statusnya di tengah kesibukannya bekerja di lapangan, bahkan saat dia sedang berada di kamar mandi sekalipun.

Bagi sebagian orang, komunikasi di jejaring sosial memang sudah seperti ‘merokok’ bagi perokok. Saya bisa membayangkan ketika seseorang bekerja, masih bisa meng-update status dengan cepat, tapi ketika diminta atasan mengerjakan sesuatu baru bisa diselesaikan menjelang akhir tenggat. Jejaring sosial, tentu bagi setiap orang, ingin menjadikannya sebagai media peningkat produktifitas, dan efisiensi kerja.

Tapi kalau anda merasa hal itu mengurangi produktifitas komunitas atau anda sendiri, ada tips mengurangi ‘kecanduan’ itu.

1. Batasi jejaring sosial yang anda gunakan. Semisal anda memiliki akun di Facebook, Twitter, LinkIn, Plurk. Pilihlah jejaring yang memang sangat anda perlukan bagi pekerjaan atau komunikasi pribadi anda. Satu jejaring untuk komunikasi pribadi, dan lainnya untuk pekerjaan.

2. Benar-benar pilih dan ikuti teman yang memang anda kenal. Anda mesti mengikuti teman yang memang ada hubungannya dengan pekerjaan. Mem-follow orang yang tak kenal berarti akan mengurangi produktifitas anda karena waktu anda akan habis untuk obrolan tak perlu. Untuk itu, anda harus benar-benar menampilkan data pribadi anda.

3. Gunakan filter pendaftaran. Anda bisa menyeleksi update status teman anda yang anda anggap sangat penting anda ikuti. Dengan begitu anda tak akan banyak mendapat informasi ‘sampah’. Anda bisa membagi update dari rekan kerja atau status yang berhubungan dengan pekerjaan anda atau teman yang benar-benar dekat saja.

4. Gunakan jadwal. Anda, kecuali memang informasi perkembangan itu sangat mendukung pekerjaan anda, tak perlu terus-menerus melihat perkembangan status. Anda bisa mengatur kapan waktu membuka jejaring sosial, semisal waktu istirahat, atau waktu libur dan santai.

5. Jika masih kesulitan juga, gunakan timer. Atur waktu anda, semisal akses ke jejaring hanya bisa dilakukan pada jam-jam tertentu saja. Anda bisa menggunakannya di ponsel atau media yang biasa anda gunakan.

Nah, ini hanyalah sebuah tips agar tidak kecanduan pada jejaring sosial. Tentu anda mau mengurangi kecanduan terhadap jejaring sosial agar meningkatkan produktifitas kerja. Selamat mencoba, jika berniat sama….

9 Responses to “TIPS AGAR JEJARING SOSIAL TIDAK MEMBUAT PRODUKTIFITAS KERJA ANDA MENURUN”

  1. mestinya kita pinter2 untuk membuat jaring (baca : filter) untuk mana2 yang penting n ga penting…

    *btw, itu pose favorit aku kalo lg pengen maen inet tapi punggung udh pegell… ;D

  2. tips yang menarik, saia di kantor hampir 8 jam membuka facebook, makasih uda sharing

  3. 🙂 Miliki jaring yang besar sekalian…:D

    Thanks, tipsnya. Biar aku forward in ama adikku!😛

  4. ahh bener banget,,,sekitar 6 bulan lalu aku keranjingan banget,,sampe lupa waktu, untungnya sekarang nggak terlalu addict..hihi

  5. Ah bener noch…. terkadang kita memang lupa waktu. makasih atas tipsnya.

  6. betul, betul, betul… emang jejaring sosial suka menggeser egenda utama kerja kita… dulu saya udah lepas dari jeratan fesbuk sekarang malah terperangkap di blog. walo mungkin bukan jejaring sosial tapi cukup menyita waktu saya^^

  7. Buatlah angenda untuk aktif di jejaring sosial, dan perlu jadwal yang baku. kecuali memang diperlukan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: