adit
i'm come back.. :)

RAHASIA “TONG SETAN”

Sore tadi, agak lowong kerjaan perasaan kok pengen baca koran. Buka dibuka perhalaman, ada gambar pertunjukan tong setan. Seketika inget masa kecil dulu, rame-rame dateng ke pasar malam. Disana ada satu pertunjukan, namanya TONG SETAN. Liat namanya di papan aja udah serem, ada yang bilang itu pertunjukan gaib, ada lagi yang bilang pertunjukan maut, huft😦. Liat aja, orang pake motor bisa muter2 pake motor di dalam tong sampai miring 90drjt. Aku jadi nanya2 sendiri dalam hati, “hebat banget orang itu, apa dia punya ilmu ya?”. Mau nonton jadi takut, sereeem.. He2, konyol banget kalo diinget, harap maklum.😀

Itu kan dulu?😀. Sekarang aku tau kuncinya, rahasia permainan tong setan. Kenapa orang bisa naik motor berputar2 dalam tong sampai miring 90drjt?. Jawabannya adl rumus dasar gaya Centrifugal: “benda yang memiliki berat yang memiliki sumbu diberi gaya dengan cara diputar akan menjauhi titik pusat gaya. Sebagai contoh; sebuah bandul diikat tali dan ujung tali yang satunya kita pegang lalu kita putar kencang. Kebayang kan?

Nah, nyambung ke masalah tong setan objek yang diputar adl orang dengan motor yang dikendarainya. GREEEEENGGG..GREEEENNNNG.., mesin sudah menyala dan atraksi segera dimulai. Jika pengendara ingin atraksinya sukses maka kuncinya adl kecepatan. Kecepatan adalah faktor utama sebagai balancer (penyeimbang) berat dari beban motor+pengendara. Semakin kencang semakin dahsyat pula atraksi yang dipertunjukkan. Dan satu lagi yang gak kalah penting, NYALI!.

Jadi buat para ortu, kalo ngajak anaknya liat atraksi tong sampah, eh salah! tong setan jangan ditakut2i ya, kasih tau aja rahasianya. Apalagi sampai jelasin detail ke rumus dasarnya. Dijamin besok gedenya pinter dan bisa jadi tukang ingsinyur.😀

salam senyum,

24 Responses to “RAHASIA “TONG SETAN””

  1. entar lagi mati tu dia

  2. Betul sekali, dulu waktu kecil aku juga tahunya itu pake jampi-jampi, alias ghaib makanya takut nonton. Sekarang enggak, malah pengen banget ngeliat yang paling edan….. Video ini salah satunya https://www.youtube.com/watch?v=ETHQpzgw8T4

  3. Bagus siapa saja yang belajar pasti bisa
    Jangan putus asa kamu pasti bisa

  4. Motor

    L

  5. tong sampah :3 :3 wkwkwkw tong setan kale :v :v

  6. semua klo mau,niat pasti bisa.

  7. Tadi malam, liat di pasar malam di kotaku, wawww.. Seyeeem..! Waktu si rider muter2in motor sampe ampir mendekati garis penonton, otomatis kita mundur menjauhi pagar pembatas, karena takut tiba2 motor kebablas kelua arena. Kira2 pernah ada ga insiden sperti itu?

  8. mau hub kmu gmn y..? soal nya sy mau ajak kamu dan grup mu utk show di kupang,,serius ne bro..hub aku di 081904235877. namaku purba. thx bro..

  9. yang mau ajar tong setan hubungi au aja di fb ku “kiky setreet raider”

  10. klo mau belajar pasti bisa

  11. Hahahah loh tu emg gokil ya.

  12. emank.y tong setan da d’mn mas bro?

  13. 18 THN SILAM TU GW NEKAT MAIN MOTOR TONG SETAAN. . .ada yg berminat naik motor tong seatan hbg pa uli 08380618947

  14. bgus tp yg pasti ad satu lg tips buat anda yaitu jnagan prnah liat kebawah waktu anda blajar itu bs buat anda tkut dan 1 lg jangan patah semangat aq ykin siapa yang mau blajar pasti bs

  15. ok lah aku mau coba bro bisa kan…………

    bgai mna tu cara ya bro……,,,,,,,,,,,,,,,,,,, ?????

  16. oh..itu rahasianya ya

  17. kenapa harus gak berani,coba aja brow pasti seru…..

  18. yah memang dari segi ilmu seperti itu, tapi ngeri banget lihat di TV kerena mereka tidak memakai piranti keselamatan.
    btw belum pernah lihat secara langsung

  19. klo aq ke pasar malam cm ngeceng doank, cz klo lht tong setan berisik banget… kyk mw pecah gendang telinga ini…😀

  20. Ouh.. harus pinter fisika dulu supaya bisa ngjelasin tentang tong setan ini.. akakakakak
    Klo ke pasar malam saya biasanya ke rumah hantu… hihihihi

  21. Waktu aku kecil juga pernah nonton tong setan, tapi sekarang aku lebih suka TONGSENG. he he he! Salam kenal dr aku http://skbjepara.wordpress.com

  22. Biar udah tau rahasianya, tetap aja nggak berani nyoba, hehe…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: